KOMPAS.com – Bekerja dari rumah merupakan salah satu hal tidak terbayangkan yang akhirnya menjadi kenyataan, sebagai akibat dari adanya pandemi Covid-19. Orang-orang yang semula harus berangkat ke kantor untuk bekerja, kini bisa melakukan rutinitas tersebut dari rumah. Karena bekerja dari rumah, sebagian orang akhirnya memiliki waktu yang cukup luang, karena bisa bebas mengatur jadwal kegiatan, selama tidak berbenturan dengan pekerjaan utama. Baca juga: Menyoal Pertamina dan Bisnis Anak Cucunya Waktu luang tersebut, dimanfaatkan oleh banyak orang untuk melakukan berbagai hal, seperti berkebun, memasak, berolahraga, dan aktivitas lain yang sebelumnya sulit dilakukan karena kepadatan rutinitas harian. Bahkan, sebagian orang juga memilih untuk memulai bisnis dari rumah demi menambah pemasukan di tengah situasi pandemi Covid-19. Lantas, bisnis rumahan apa saja yang menjanjikan untuk dicoba?

1. Reseller/Dropshipper online shop Melansir Forbes, 30 Juni 2020, bisnis ritel online termasuk salah satu sektor yang bertahan cukup baik di tengah pandemi Covid-19. Raksasa ritel online, Amazon, mengalami pertumbuhan luar biasa selama pandemi, karena banyak konsumen yang tidak bisa melakukan transaksi secara langsung di toko. Peluang tersebut bisa dimanfaatkan dengan menjadi reseller/dropshipper online untuk produk-produk yang banyak dicari konsumen, seperti pakaian dan makanan. Baca juga: Daftar BUMN yang Punya Bisnis Hotel

2. Bisnis kuliner Melansir hashmicro.com, 4 Mei 2020, dengan adanya pembatasan makan di tempat yang berlaku di sejumlah daerah, keberadaan restoran/tempat makan yang menyediakan layanan pesan-antar semakin diminati. Terlebih, tidak semua orang mau dan mampu memasak sendiri di rumah, sehingga permintaan untuk produk-produk makanan cenderung mengalami peningkatan. Pemasaran produk bisa dilakukan secara online dengan menggunakan media sosial seperti Facebook, Instagram, dan bahkan WhatsApp Status.

3. Berjualan pet food Melansir BusinessTown, pemilik hewan peliharaan selalu menaruh perhatian terhadap kesejahteraan dan kesehatan hewan peliharaannya. Membuka klinik hewan, tentu perlu pendidikan yang memadai sebagai dokter hewan, tetapi untuk berjualan pet food, semua orang boleh melakukannya. Terlebih, pakan hewan peliharaan kini sudah banyak diproduksi dalam bentuk kering dan kemasan, sehingga penjual tidak perlu khawatir pakan akan basi jika masih ada stok berlebih.

4. Tutor fitness online Mengutip foundr.com, kebijakan menjaga jarak sosial dan tinggal di rumah yang diterapkan selama pandemi Covid-19, membuat orang-orang mencari cara baru untuk tetap bugar dan sehat, sementara gym ditutup. Bagi yang mempunyai peralatan latihan seperti lompat tali, matras, dan dumbel, dapat berlatih secara mandiri di rumah. Namun, yang bagi tidak mempunyai peralatan dan mungkin kurang pengalaman dalam berlatih secara mandiri, dapat memanfaatkan jasa tutor fitness online. Jika Anda seorang ahli kebugaran, Anda dapat menjadi konsultan kebugaran dan menawarkan jasa Anda secara online kepada konsumen yang membutuhkan.

5. Bimbingan belajar online Melansir uschamber.com, dengan beralihnya pembelajaran di sekolah menjadi pembelajaran jarak jauh, pasar untuk bimbingan belajar online cenderung tumbuh. Hal ini didorong banyak orang tua yang membutuhkan bantuan agar anak-anak mereka bisa menyelesaikan pekerjaan rumah dan menyelesaikan pelajaran mereka. Ada juga pasar yang besar untuk siswa tingkat atas yang membutuhkan bantuan tambahan untuk tetap fokus dan memahami materi pelajaran mereka. Baca juga: Masih Pandemi, Sampai Kapan Pembelajaran Jarak Jauh Dilakukan? Ini Penjelasan Kemendikbud… Peluang berbisnis saat pandemi Mengutip Kompas.com, 9 Agustus 2020, Pengamat Ekonomi Universitas Gadjah Mada (UGM) Fahmy Radhi mengatakan, dalam kondisi resesi, hampir seluruh bisnis mengalami penurunan. “Termasuk manufaktur, pertambangan, properti, hotel dan lain-lain, mengalami kemerosotan,” kata Fahmy. Meski begitu, pandemi Covid-19 ini telah memunculkan peluang bisnis baru. Misalnya, terkait penjualan barang secara online atau diantarkan kepada konsumen. “Business consumer good by online and delivery saat ini lagi nge-tren dan prospektif. Masyarakat harus kembangkan berbagai bisnis baru dengan memanfatkan online,” tutur dia.

Kemudian, tren bersepeda juga meningkat, menurutnya bisa menjadi peluang bisnis baru bagi sebagian orang. Peluang bisnis berikutnya yang bisa dilirik adalah pada sektor pertanian dan perkebunan. Fahmy mengatakan pertumbuhan ekonomi pada sektor pertanian dan perkebunan masih positif. Baca juga: Mengenal Apa Itu Resesi Ekonomi dan Bedanya dengan Depresi Ekonomi “Segala jenis tanaman pangan, yang hingga kuartal II tahun 2020 masih tumbuh positif,” papar dia. Fahmy mengingatkan, walau muncul beragam jenis bisnis baru, kapasitas bisnis tersebut relatif kecil, sehingga, tidak akan membuka lapangan pekerjaan secara signifikan. “Kontribusi terhadap pertumbuhan ekonomi juga kecil,” imbuhnya.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul “5 Bisnis Rumahan yang Menjanjikan di Masa Pandemi Covid-19”, Klik untuk baca: https://www.kompas.com/tren/read/2021/01/31/120400765/5-bisnis-rumahan-yang-menjanjikan-di-masa-pandemi-covid-19?page=all.
Penulis : Jawahir Gustav Rizal
Editor : Sari Hardiyanto

Download aplikasi Kompas.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat:
Android: https://bit.ly/3g85pkA
iOS: https://apple.co/3hXWJ0L