TANJUNG REDEB – Sebanyak 4 ribu pelaku usaha mikro telah mendapatkan bantuan produktif usaha mikro (BPUM) dari Pemerintah Pusat. Hal ini disampaikan Kepala Bidang Koperasi dan Usaha Mikro Kecil dan Menengah, Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindagkop) Berau, Hasnawati.

Bantuan tersebut dijelaskannya diberikan selama tahun 2020 lalu oleh Kementerian Koperasi dan UKM. “Namun, untuk ke depannya masih belum diketahui, apakah akan dilakukan penambahan atau tidak,” katanya kepada Berau Post.

Hanya saja untuk saat ini, dirinya menjelaskan, proses pencairan bantuan terhadap pelaku usaha masih dilakukan. Karena proses pencairan diperpanjang dari yang awalnya Desember 2020, menjadi hingga 18 Februari 2021. Diperpanjangnya proses pencairan ini, dikatakannya bertujuan agar pelaku usaha yang diusulkan dan belum mendapatkan konfirmasi pencairan, dapat segera melakukan pengurusan.

“Bantuan sebesar Rp 2,4 juta itu dapat diurus pelaku usaha yang telah melakukan pengusulan. Bagi yang hingga saat ini belum mendapatkan informasi,” ujarnya.

Pengurusan itu dijelaskan Hasnawati bisa dilakukan dengan mendatangi pihak bank yang melakukan pencairan. Dengan melakukan pelaporan perpanjangan. “Yang jelas ke depannya apabila ada bantuan bagi UMKM, pasti akan kami informasikan,” tuturnya. (*/adf/arp)

Sumber : https://berau.prokal.co/read/news/66936-4-ribu-usaha-mikro-di-berau-dapat-bantuan.html