Menu

Target Rampung Akhir Bulan, Hibah Aset di Bandara Kalimarau

PROKAL.CO, TANJUNG REDEB – Hibah aset di Bandara Kalimarau, antara Kementerian Perhubungan dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab), masih terus berproses. Akhir April ini ditargetkan hibah tuntas.

Hal tersebut diungkapkan Wakil Bupati Berau Agus Tantomo, Jumat (6/4) kemarin. Diakuinya, proses sempat terkendala karena surat kontrak antara Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Berau dengan kontraktor pelaksana terkait proyek pembangunan Bandara Kalimarau sempat hilang. Beruntung, pihaknya berhasil mendapatkan berkas kontrak antara Pemkab Berau dengan PT Total itu.

“Hal itu sempat saya tanyakan ke kepala bandara, setelah kami usut rupanya Kejaksaan Agung punya. Tim pun sudah saya minta ke sana (Kejaksaan Agung, Red.) untuk mengambil,” ungkapnya.

Ditemukannya surat kontrak itu pun diyakini akan semakin mempercepat penyelesaian proses hibah Bandara Kalimarau. “Syaratnya sekarang sudah ada, rencananya Pemda dengan kementerian akan melakukan serah terima akhir bulan ini,” sambung Agus.

Ditambahkan mantan anggota DPRD Kaltim ini, walau aset Bandara Kalimarau diserahkan kepada Kementerian Perhubungan, bukan berarti Pemkab Berau tidak memiliki kewenangan sama sekali terkait aset-aset di objek vital itu.

Khususnya sisi darat seperti parkir, hingga ruang kedatangan VIP yang saat ini masih dalam pengelolaan oleh Bagian Umum Setkab Berau. Lagian dibeberkannya juga, Pemkab Berau akan kewalahan jika tetap mengelola seluruh bandara karena membutuhkan biaya yang cukup tinggi untuk perawatannya.

“Biayanya besar, apalagi di sisi udara. Bisa tekor kita dengan kondisi keuangan seperti sekarang. Apalagi di Undang-Undang kan enggak ada kewenangan untuk mengelola bandara,” jelas Agus. (sam/app)

Sumber : http://berau.prokal.co/read/news/54736-target-rampung-akhir-bulan-hibah-aset-di-bandara-kalimarau.html

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *